Kamis, 13 September 2007

Penjelasan Tentang Workshop E.D.A.N.

Workshop E.D.A.N. adalah sebuah workshop pengembangan diri, yang akan menjadikan Anda semakin dekat dengan SUKSES dan CITA-CITA Anda.

DASAR PEMIKIRAN

Orang Sukses Pasti Percaya Diri

Anda juga pasti meyakini hal ini. Setiap kesuksesan akan meningkatkan rasa percaya diri. Makin kaya, makin berkuasa, makin tinggi jabatan atau posisi, makin berkembang karir dan profesi, makin berhasil di dalam bisnis, akan membuat seseorang makin percaya diri. Maka, orang yang telah sukses berada di puncak, akan sangat tinggi rasa percaya dirinya.

Untuk Menggapai Sukses Perlu Lebih Percaya Diri

Apa yang sering Anda lupakan, adalah kenyataan bahwa untuk mencapai sukses dan cita-cita, juga diperlukan rasa percaya diri. Rasa percaya diri yang terus tumbuh. Bukan rasa percaya diri yang tetap atau stagnan.

Sejalan dengan naiknya prestasi dan pencapaian, berbagai tantangan dan hambatan juga akan makin besar dan makin berat. Maka sudah sewajarnya, diperlukan rasa percaya diri yang juga terus tumbuh, makin kuat, setara dengan berbagai tantangan dan hambatan itu.

Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman dan keahlian tentang rasa percaya diri. Tanpa kenaikan rasa percaya diri yang setara, maka karir, jabatan, posisi, kekuasaan, kekayaan, keberhasilan, dan kebahagiaan Anda, akan berhenti di suatu titik yang tidak pernah memuaskan Anda.

Tanpa pemahaman dan penguasaan rasa percaya diri sebagai sebuah LIFE SKILL, jalan Anda menuju sukses dan cita-cita akan terhambat.

Percaya Diri Adalah LIFE SKILL

Rasa percaya diri adalah sebuah keahlian. Selama ini, Anda mungkin menyangka bahwa rasa percaya diri adalah sesuatu yang datang begitu saja. Jika Anda merasa percaya diri, Anda memang hanya merasa percaya diri, itu saja. Anda, bahkan tidak mengetahui dari mana asalnya. Anda belum memahami bahwa rasa percaya diri datang bersama pemikiran, sikap, dan tindakan tertentu.

Jika Anda mampu menjadikan rasa percaya diri sebagai sebuah keahlian, maka Anda dapat memuluskan jalan menuju cita-cita dan kesuksesan Anda. Anda akan menjadi orang yang mampu menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, sehingga Anda bisa menjamin tercapainya cita-cita dan kesuksesan Anda.

Workshop E.D.A.N. akan menjadikan Anda sebagai orang yang memiliki keahlian dalam rasa percaya diri. Dengan keahlian ini, Anda akan menjadikan rasa percaya diri Anda bersifat dinamis. Rasa percaya diri Anda akan tumbuh dan makin kuat, sejalan dengan makin beratnya tantangan dan hambatan Anda. Bahkan, Anda dapat menjadikan rasa percaya diri Anda berjalan di depan, mendahului usia, karir, posisi, jabatan, kekuasaan, kekayaan, dan keberhasilan Anda.

Dari Mana Orang Sukses Mendapatkan Rasa Percaya Dirinya?

Orang yang sukses, tidak begitu saja menjadi percaya diri. Mereka, justru telah lebih dahulu mampu membangun keahlian dalam percaya diri, jauh sebelum mereka mencapai cita-cita dan kesuksesannya.

Rahasia mereka itulah, yang perlu Anda miliki dan kuasai. Workshop E.D.A.N. akan membantu Anda mendapatkannya.

Orang yang sukses dan berhasil, telah memiliki keahlian dalam mengelola rasa percaya dirinya. Mereka memulainya dengan mengenali diri mereka sebagai makhluk yang berkomunikasi.

Stephen Covey di dalam "Seven Habits" mengatakan:

"Communication is the most important skill in life."

Tahukah Anda maksudnya? Maksudnya adalah:

"Communication is the most important life skill."

Anda melihat orang dan organisasi lain sukses. Profesional sukses di jalur karir. Entrepreneur sukses dalam bisnis. Organisasi bisnis sukses menjadi leader dalam industrinya. Pelajar atau mahasiswa sukses mencapai puncak prestasi. Mereka sukses dan survive melewati masa-masa krisisnya.

Percayalah bahwa sukses mereka, ditentukan oleh rasa percaya diri yang lebih baik saat berkomunikasi. Saat berkomunikasi dengan orang lain, dan saat berkomunikasi dengan diri sendiri.

Sebagai makhluk komunikasi, mereka amat memahami bahwa kesuksesan mereka tergantung pada rasa percaya diri saat berkomunikasi. Mereka, memahami bahwa berkomunikasi itu ada dua template-nya, yaitu berkomunikasi secara eksternal dan berkomunikasi secara internal. Maka, mereka mengembangkan kemampuannya dalam dua hal, yaitu:

1. Lebih percaya diri berbicara kepada ORANG LAIN.
2. Lebih percaya diri berbicara kepada DIRI SENDIRI.

Dua hal itulah yang menjadi rahasia orang sukses dan orang berhasil. Anda, juga bisa memilikinya.

Lebih percaya diri berbicara kepada orang lain, membuat mereka lebih persuasif, lebih meyakinkan, makin menguasai faktor command skill, mampu meningkatkan kemampuan leadership, dan memiliki kemampuan untuk menggerakkan orang lain guna mencapai kesuksesan dan cita-cita mereka.

Lebih percaya diri berbicara kepada diri sendiri, membuat mereka lebih punya daya tahan dan kesabaran dalam menghadapi berbagai situasi, lebih mampu berkonsentrasi dan berfokus, tidak terpengaruh oleh sikap orang lain yang tidak mendukung, memiliki keyakinan penuh untuk sukses, selalu berpikir positif, selalu kreatif, memiliki stabilitas emosi yang lebih baik, makin pandai mengelola potensi diri, dan sebagainya.

Penguasaan atas dua kemampuan itulah, yang membuat mereka lebih dekat kepada kesuksesan dan cita-cita mereka, sehingga mereka makin cepat mencapainya.

Lebih jauh lagi, orang yang sukses dan berhasil, adalah orang yang memahami bahwa kedua ramuan ajaib di atas, dapat dikembangkan sekaligus dengan starting point menjadi lebih percaya diri saat berbicara di depan orang banyak. Anda menyebutnya public speaking.

Jika Anda, berhasil dengan baik dalam mempertahankan dan meningkatkan rasa percaya diri Anda, saat berbicara di hadapan publik, maka Anda telah menguasai dua keahlian di atas sekaligus. Anda menjadi lebih percaya diri dalam berbicara kepada orang lain, dan Anda lebih percaya diri berbicara kepada diri sendiri.

Ingatlah kembali situasi, mood, dan perasaan Anda, saat Anda "harus" berbicara di depan banyak orang. Anda akan menemukan bahwa kelemahan Anda, terletak pada berbagai fenomena yang berkaitan dengan ORANG LAIN dan DIRI SENDIRI.

Dengan menjadi lebih percaya diri saat berbicara di depan orang banyak, dengan cara, teknik, metode, dan mindset yang benar, Anda akan lebih berhasil dalam memimpin, menjual, dan berpresentasi. Plus, Anda juga akan lebih berhasil dalam mengelola dan mengoptimalkan potensi diri Anda.

Dengan menjadi lebih percaya diri berbicara di depan orang banyak, maka Anda akan menjadi:

1. Lebih percaya diri berhubungan dengan ORANG LAIN.
2. Lebih percaya diri mengelola DIRI SENDIRI.

Workshop E.D.A.N. akan membantu Anda memperoleh dua keahlian itu sekaligus. Workshop E.D.A.N. akan membantu Anda menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi dunia Anda, yaitu DUNIA LUAR dan DUNIA DALAM. Sebab dalam dua dunia itulah, Anda akan mengarungi kehidupan, untuk menemukan dan mencapai sukses dan cita-cita Anda. Workshop E.D.A.N. akan mendekatkan Anda kepada cita-cita dan kesuksesan Anda.

Tercapainya sukses dan cita-cita Anda, ditentukan oleh kemampuan Anda dalam menghadapi ORANG LAIN dan dalam mengelola DIRI SENDIRI. Workshop E.D.A.N. dapat membantu Anda dengan melatihnya melalui media public speaking. Mengapa? Karena public speaking:

1. Lebih mudah daripada metode lainnya.
2. Lebih mencerminkan dunia nyata Anda.
3. Lebih urgent untuk Anda.
4. Langsung bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda, dalam memimpin, menjual, dan berpresentasi.
5. Langsung bermanfaat dan berdampak pada sukses Anda.

Dengan media ini, Anda akan mendapatkan keuntungan ganda, yaitu meningkatkan:

1. Kemampuan dalam berhubungan dengan ORANG LAIN.
2. Kemampuan dalam me-manage potensi DIRI SENDIRI.

FAKTA-FAKTA

Jika Anda lebih percaya diri dalam berbicara, maka Anda lebih percaya diri dalam mencapai kesuksesan. Ya atau tidak? Ya!

Jika anggota tim Anda lebih percaya diri dalam berbicara, maka tim Anda memiliki peluang lebih besar untuk mencapai kesuksesan. Ya atau tidak? Ya!

Jika orang-orang di dalam perusahaan Anda lebih percaya diri dalam berkomunikasi, maka perusahaan Anda makin mendekati kesuksesan. Ya atau tidak? Tentu saja: Ya!!!

Jika Anda lebih percaya diri dalam berkomunikasi kepada orang lain dan kepada diri sendiri, maka Anda akan lebih percaya diri dalam segala aspek kehidupan Anda. Anda akan lebih percaya diri dalam bekerja, dalam berinteraksi dengan orang lain, dalam memimpin, menjual dan berpresentasi, dalam mengambil keputusan, dalam menentukan pilihan, dalam mengeksplorasi peluang, dalam memanfaatkan kesempatan, dalam mengatasi masalah dan hambatan.

Apa artinya semua itu? Artinya, Anda akan lebih percaya diri dalam menggapai cita-cita, dalam meraih impian, dalam memenuhi target dan mencapai sasaran, dalam apapun yang Anda inginkan, dalam apapun yang Anda kerjakan.

Anda akan lebih percaya diri dalam mencapai kesuksesan!

Power Workshop E.D.A.N. akan men-TRANSFORMASI diri Anda menjadi orang yang jauh lebih percaya diri di dalam hidup.

Lebih dari itu, dengan men-TRANSFORMASI sumber daya manusia di dalam perusahaan atau organisasi Anda, Power Workshop E.D.A.N. juga akan men-TRANSFORMASI perusahaan dan organisasi Anda, menjadi perusahaan atau organisasi yang:

* Memiliki corporate culture atau organizational culture yang lebih kondusif,
* Mampu meminimalisir konflik internal,
* Mampu meningkatkan efisiensi dan performa kerja,
* Mampu membangun suasana kerja yang spartan dan penuh semangat.

WORKSHOP E.D.A.N. KELAS INTRODUKSI

Kini telah dibuka Kelas Introduksi dalam bentuk workshop sehari. Ya, satu hari yang akan merubah hidup Anda menjadi orang yang lebih percaya diri. Dalam satu hari, Anda akan dibimbing menjadi orang yang lebih percaya diri dalam berkomunikasi kepada orang lain dan kepada diri sendiri.

Percaya diri alias PD, dibangun tidak hanya oleh aspek rasional (positive thinking), melainkan juga oleh aspek emosional (positive feeling), dan psikologis serta fisiologis (positive knowing). Kondisi itu, bisa dicapai dengan mengikuti Metode E.D.A.N., sebuah metode yang dikembangkan oleh QA Communication.

Dalam satu hari, di kelas ini Anda akan menjadi orang yang seutuhnya lebih percaya diri dalam berbicara. Kepada orang lain, dan kepada diri sendiri.

Workshop E.D.A.N. bukan workshop tentang teknik presentasi, melainkan workshop pengembangan diri. Teknik presentasi, akan diajarkan di kelas-kelas berikutnya. Ibarat aktor, Anda harus punya "watak" lebih dahulu. Setelah itu, apapun peran yang diberikan kepada Anda, akan dapat Anda perankan sebagai "aktor watak".

Workshop E.D.A.N. adalah workshop pengembangan diri berbasis komunikasi motivasional (motivational communication), yang menerapkan sebuah metode yang ditemukan dan dikembangkan di QA Communication sendiri. Metode itu adalah Metode E.D.A.N. Apa itu Metode E.D.A.N.? E.D.A.N. adalah singkatan dari:

Energy
Dignity
Anticipation
Nothing To Lose

Di bagian bawah tulisan ini, ada link ke artikel mengenai Metode E.D.A.N. dengan uraian yang lebih lengkap. Silahkan Anda ikuti.

MATERI

1. Memahami, mengidentifikasi, dan mengenali rasa gugup dan takut saat akan, dan saat sedang berbicara di depan orang banyak, dengan berbagai pendekatan motivasional.

2. Me-manage gangguan dan gejala fisik yang menghambat (misalnya gemetar, sakit perut, berkeringat, deg-degan dan sebagainya), dengan berbagai pendekatan motivasional.

3. Menghadapi, mengendalikan, me-manage rasa gugup dan takut berbicara, dengan berbagai teknik dan metode pembenahan mindset.

4. Memfungsikan hukum alam yang powerful untuk kesuksesan Anda: "The Law of Attraction", menyuntikkan mindset sukses yang benar dan tepat ke dalam diri Anda.

5. Mengelola dan me-manage berbagai faktor yang membuat Anda cenderung atau sering men-sabotase diri (self sabotage).

6. Memahami dan meningkatkan potensi diri, dan mengoptimalkan keyakinan bahwa diri Anda sendirilah yang terbaik, yang berhak mencapai kesuksesan dan cita-cita.

7. Menghentikan dan mengendalikan kepanikan di tengah-tengah sesi bicara, dengan teknik yang mudah dan cepat.

8. Mempersiapkan mental, materi, dan audience untuk tampil makin percaya diri, dengan tips dan trik yang kreatif dan mendorong kreatifitas.

9. Memulai bicara dan menyampaikan isi bicara, dengan meyakinkan, berpengaruh, menginspirasi dan memotivasi.

SIAPA YANG PERLU MENGIKUTI WORKSHOP E.D.A.N.?

1. Siapapun yang merasa kurang percaya diri, atau merasa perlu meningkatkan rasa percaya diri, merasa pesimis, tidak optimis, takut berbicara, sering terganggu dengan berbagai pikiran negatif saat harus berbicara, takut berhadapan dengan orang lain, sering men-sabotase diri, mengalami gangguan fisik dalam berbicara, merasa diri tidak berpotensi, dan sebagainya.

2. Siapapun yang telah merasa percaya diri. Rasa percaya diri yang sudah tinggi itu, akan dapat ditingkatkan lagi. Selama ini, rasa percaya diri itu diperoleh dengan cara tradisional. Yaitu, rasa percaya diri yang dititipkan pada perjalanan karir, pada peningkatan kekayaan, kemajuan bisnis, atau naiknya kekuasaan. Artinya, rasa percaya diri itu masih berupa "akibat" dan belum menjadi "sebab" dari kesuksesan.

Rasa percaya diri seperti itu justru berbahaya. Sebab, jika terjadi penurunan atau kehilangan dalam kekayaan, kekuasaan, keberhasilan, posisi, atau jabatan, maka rasa percaya diri itu akan ikut menurun atau bahkan lenyap. Workshop E.D.A.N. lah yang pertama kali memperkenalkan percaya diri sebagai skill dan framework. Dengan menguasai keahlian dan pola kerja ini, rasa percaya diri yang sudah tinggi itu akan menjadi faktor penyebab kesuksesan.

3. Trainer, coach, mentor, fasilitator, pelatih, dan sebagainya sebagai motor, inspirator, dan penggerak orang lain.

4. Guru, dosen, penceramah, dai, ustadz, juru kampanye, politikus, presenter, MC, penyiar, dan sebagainya sebagai penyampai informasi, pendidik, dan pemandu publik.

5. Sales person, marketer, businessmen, eksekutif, pebisnis, pengusaha, wiraswastawan, entrepreneur, dan sebagainya sebagai penjual barang dan jasa.

6. Pegawai, karyawan, pejabat pemerintah, kepala kantor, pemimpin, direksi, leader, ketua tim, supervisor, dan sebagainya sebagai pemimpin sekelompok orang.

7. Profesional HRD/HRA, keuangan, akuntansi, legal, pengacara, praktisi hukum, teknisi, programmer, disainer, arsitek, dokter, dan sebagainya yang memerlukan berpresentasi, melaporkan, mempersuasi, dan meyakinkan orang lain.

8. Public relations, customer service, customer care, resepsionis, foreman, negosiator, liason officer, sekretaris, dan sebagainya sebagai saluran suara dan informasi organisasi atau perusahaan.

9. Mahasiswa dan pelajar, yang harus berpresentasi atau menghadapi sidang.

10. Setiap orang yang punya cita-cita sukses, dan merasa perlu memuluskan jalan untuk mencapainya, dengan menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi orang lain dan mengelola potensi diri sendiri.

sumber :

http://milis-bicara.blogspot.com/2007/04/tentang-workshop-edan.html

Tidak ada komentar: